PPDB Online SMAN 15 Pekanbaru Tahun 2021

Apa sih PPDB Online?
PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang sebagai sumber / pusat informasi dari pengelolaan proses seleksi penerimaan siswa baru jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi sampai dengan pengumuman hasil seleski berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dilakukan secara online.

PPDB Tingkat SMA Terbagi Menjadi Berapa Jalur ?
PPDB Tingkat SMA terbagi menjadi 4 jalur.
1. Jalur Zonasi, Kuota 50%
2. Jalur Prestasi, Kuota 30%
3. Jalur Afirmasi, Kuota 15%
4. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, Kuota 5 %

Apa itu Jalur Zonasi?
Jalur Zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah.

Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1(satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Calon peserta didik anak kandung satgas Covid-19 yang berdomisili pada wilayah zonasi tempat tinggal yang bersangkutan bisa  mengikuti jalur zonasi.

Kuota anak Satgas Covid SMA 2% dari kuota jalur Zonasi 50%
Kuota anak satgas Covid SMK 2% dan kuota siswa tempatan 15%

Apa itu Jalur Afirmasi ?
Jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan anak penyandang disabilitas. Kuota yang disediakan 15%.

Peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Peserta didik yang masuk melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili didalam dan diluar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan.

Penentuan peserta didik dalam jalur afirmasi di perioritaskan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.

Apa itu Jalur Perpindaha Tugas orang Tua ?
Perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang memperkerjakan.

Anak guru dapat menggunakan jalur perpindahan tugas orang tua/wali untuk menjadi peserta PPDB pada sekolah tempat orang tuanya mengajar.

Penentuan peserta didik dalam jalur perpindahan tugas orang tua/wali diperioritaskan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.

Apa itu Jalur Prestasi ?
Prestasi akademik :
Rangking nilai rata-rata rapor SMP/Sederajat pada semester 1 (satu) s/d 5 (lima), rangking tertinggi 1 sd 3 teratas diperioritaskan diterima (rapor harus dilegalisir oleh sekolah).
Prestasi dibidang akademik adalah rata-rata nilai rapor SMP / Sederajat dan perolehan piagam / sertifikat penghargaan perlombaan dibidang akademik perorangan;

Prestasi non akademik :
Hasil perlombaan dan / atau penghargaan dibidang nonakademik  perorangan pada tingkat iternasional, nasional, provinsi, dan / atau Kabupaen / kota aatara lain O2SN, FL2SN dan kejuaraan lain yang berada dibawah organisasi induk olahraga KONI.

Kapan Jadwal PPDB SMAN 15 Tahun 2021 ?
Pelaksaan PPDB Online jenjang pendidikan SMA/SMK Negeri se-Provinsi Riau yang semula dilaksanakan mulai dari tanggal 14 s.d 21 Juni 2021 ditunda pelaksanaannya untuk waktu yang akan diumumkan kemudian, karena terdapat kendala teknis yang perlu diselesaikan.
(Baca : Penundaan PPDB Online TP 2021/2022 )

Apa Link untuk Mendaftar PPDB Online ?
Link resmi untuk pendaftaran PPDB Online adalah ppdb.riau.go.id

Bagaimana Pendaftaran Jalur Zonasi? 

Bagaimana Pendaftaran Jalur Prestasi? 

Adakah kesempatan Lagi Jika Gagal ?

Selamat Mengikuti PPDB Online 2021, Semoga Berhasil.
Informasi PPDB Online SMAN 15 Pekanbaru Hubungi :
Agusmir, M.Pd (085363223719)
Juliarti, S.Pd (082181849294)
E-mail : ppdb@sman15pku.sch.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *