IHT E-Rapor di SMAN 15 Pekanbaru

SMAN 15 Pekanbaru-IHT E-Rapor

SMAN 15 Pekanbaru mengadakan workshop IHT E-Rapor Online pada tanggal 22-23 September 2018. Acara di buka oleh Bapak Drs. Pattimura, Sc. selaku kepala sekolah SMAN 15 Pekanbaru. IHT E-Rapor Online ini di hadiri oleh guru BK dan juga wali kelas.

Direktorat Pembinaan SMA beberapa waktu lalu meluncurkan aplikasi penilaian Kurikulum 2013 berbasis web untuk SMA yang diberi nama e-Rapor SMA. Merupakan aplikasi multi user yang terdiri dari 4 komponen pengguna, yaitu: Admin, Guru, Wali Kelas, dan Siswa.

Dalam dokumen Panduan Penggunaan e-Rapor disebutkan aplikasi e-rapor adalah perangkat lunak berbasis web untuk menyusun Laporan capaian kompetensi peserta didik oleh tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan oleh Subdit Kurikulum SMA. Aplikasi e-rapor merupakan aplikasi untuk pengolahan nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap yang telah dilakukan oleh pendidik sehingga terbentuk nilai akhir beserta deskripsinya secara otomatisasi sesuai dengan perolehan siswa pada setiap kompetensi dasar yang dinilai, setelah wali kelas menginput nilai ekstrakurikuler, absensi siswa, perstasi, deskripsi sikap, serta catatan wali kelas maka e-rapor akan menyusunnya menjadi laporan capaian kompetensi siswa.

Tujuan dari e-Rapor SMA ini adalah untuk membantu pendidik dalam mengolah nilai pengetahuan; Membantu pendidik dalam mengolah deskripsi pengetahuan; Membantu pendidik dalam mengolah nilai keterampilan; Membantu pendidik dalam mengolah deskripsi keterampilan; Membantu wali kelas dalam mengolah deskripsi sikap spiritual maupun sosial; Membantu Satuan pendidikan dalam menyusun laporan hasil penilaian sesuai dengan panduan penilaian dari Direktorat Pembinaan SMA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *