Ulang Tahun Riau ke-62 di SMAN 15 PKU

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Riau ke-62 tahun, yang jatuh pada tanggal 09 Agustus 2019. SMA Negeri 15 Pekanbaru menggelar festival seni dan bazar, untuk meningkatkan tradisi melayu bagi siswa-siswanya, juga untuk meningkatkan kecintaan pada budaya sendiri yang sudah mulai tegerus oleh budaya luar yang mulai marak masuk. Kegiatan ini dimulai dengan syair yang dibawakan oleh siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru, diikuti pembacaan ayat suci Al-Qur’an , pantun nan indah juga ikut mengawali kegiatan ini, dilanjutkan dengan tari melayu persembahan untuk para tamu yang hadir.

Dalam kegiatan ini SMA Negeri 15 Pekanbaru menampilkan bakat dan minat siswanya, mulai dar seni tari, gurindam 12, seni vokal, permainan traisoonal melayu, dan ada juga olah raga tradisional melayu. kegiatan ini di tutup dengan permanian panjat pinang dan berakhir pukul 16.45. Selain menampilkan bakat dan minat siswa, di kegaiatan ini juga digelar bazar yang menjual aneka hidangan khas melayu dari berbagai daerah, muali dari daerah Selat Panjang, Taluk Kuantan, Rengat, Bengkalis, dan sebagainya. Menu yang dijualpun sangat bervariasi seperti mie sagu, roti jala, minuman laksamana mengamuk, bolu kambojo, dan sebagai yang semuanya dijual murah dan berhasil menarik perhatian tamu yang hadir.

Tamu yang hadir diantara koordinator Pengawas Provinsi Riau Drs. Joyo Yosma, M.M, Anggota DPRD Riau Ade Hartati, M.Pd, Ketua Komite Sekolah, Lurah, dan jajarannya, juga orang tua wali murid. Kepala SMA Negeri 15 Pekanbaru, ibu Hj. Elmi Gurita, M.Pd mengatakan kegiatan festival seni dan bazar yang diadakan dihalaman sekolah tersebut untuk mensinergikan antara dunia pendidikan dan pemerintah provinsi Riau. Dijelaskan oleh ibu Kepala sekolah yang sehari-hari disapa bu Elmi ini, makna dari 62 tahun merupakan masa untuk mempersiapkan generasi emas  yang siap untuk berjuang untuk mewujudkan Indoensia cemerlang dimasa yang akan datang. Dengan adanya kerjasama yang baik SMA Negeri 15 dan pemerintahan Provinsi Riau, akan meningkatkan karakter  budaya melayu.

“Kegiatan bazar dan kemeriahan acara dipersembahkan oleh siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru. Alhamdulillah saya bangga dan senang dengan kemeriahan acara pagi ini. Perasaan saya sangat gembira, dengan persiapan yang singkat namun acara berjalan sukses dan meriah”.

Koordinator Pengawas Provinsi Riau Drs. Joyo Yosma, M.M dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat  dan sukses kepada SMA Negeri 15 Pekanbaru, karena sukses mentaja kegiatan tersebut.  ” Semoga SMA Negeri 15 Pekanbaru menjadi sekolah yang maju dan unggul dalam Akademik, juga non akademik: dan mampu melestarikan budaya melayu, hingga tak akan hilang melayu di bumi”.

Hamdan, Salah seorang wali murid SMA Negeri 15 pekanbaru, menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar SMA Negeri 15 Pekanbaru dan komite sekolah. berkat kerjasama semuanya anak kami isa sekolah disini, kami menyerahkan dan menitipkan anak kami disini. Kepada bapak dan ibu majelis guru, jadikanlah putra putri kami seperti anak sendiri disekolah ini, dan pesan untuk anak anak kami semua, belajarlah dengan semangat dan serius. Lihat bagaimana susahnya orang tua memperjuangkan kalian. Belajarlah dengan sebaik mungkin hingga kelak menjadi orang suskes yang membanggakan sekolah dan orang tua, juga negara “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *