Pelepasan Mahasiswa PLP UR 2019

Program Pengenalan Lingkungan Pendidikan (PLP) merupakan tahapan penting bagi calon guru yang saat ini masih berstatus mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk mengenal dunia keguruan secara nyata sebelum mereka benar-benar terjun di dalamnya.  PLPmengajarkan mahasiswa calon guru bagaimana menguasai empat kompetensi utama sebagai seorang guru yang profesional. Yang pertama kompetensi pedagogik yakni kemampuan guru untuk mengombinasikan prinsip ilmu mengajar dengan kemampuan dan latar belakang yang dimiliki siswanya. Kedua, kompetensi kepribadian yakni kemampuan guru untuk menjadi teladan bagi siswanya. Ketiga, kompetensi profesional yaitu kemampuan guru untuk menggunakan teknik yang paling efektif untuk melibatkan siswa di dalam maupun luar kelas. Dan yang keempat, kompetensi sosial yakni kemampuan guru untuk mengindentifikasi aspek-aspek lingkungan yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di dalam kelas1.

SMA Negeri 15 Pekanbaru. merupakan salah satu sekolah yang menerima mahasiswa PLP UR tahun 2019 ini. Melalui PLP, mahasiswa calon guru dibekali mulai dari bagaimana menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaannya sehingga siswa mendapatkan kesempatan yang maksimal untuk mengekspresikan diri dalam lingkungan yang positif. Tak hanya itu, mahasiswa calon guru juga belajar bagaimana mengobservasi pembelajaran dan melakukan refleksi serta menyusun laporannya2. Mereka juga aktif meramaikan acara di sekolah, membantu guru-guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMAN 15 Pekanbaru dan aktif berpartisipasi di acara yang diselenggarakan seperti memperingati Hari Sumpah Pemuda, HUT PGRI dan hari -hari besar lainnya.. Kehadiran mahasiswa PLP Universitas Riau ini juga membuat proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan bersemangat dikarenakan proses belajar mengajar yang dilakukan membuat suasana baru di dalam kelas dan tentunya menciptakan suasana yang bersahabat.

Senin,16 Desember 2019, mahasiswa PLP Universitas Riau melepaskan tugas dan tanggung jawabnya di SMAN 15 Pekanbaru. Mahasiswa PLP Universitas Riau melaksanakan tugas lapangannya lebih kurang 5 bulan di SMAN 15 Pekanbaru. Pengalaman dan wawasan dalam mengajar dibidangnya masing-masing mereka dapatkan selama menjalankan tugas. Terdapat banyak suka dan duka yang mereka lalui bersama keluarga besar SMAN 15 Pekanbaru.

Suasana haru menyelimuti prosesi pelepasan mahasiswa PLP Universitas Riau, karena mengingat tindakan dan usaha mereka yang cukup berkesan kepada SMAN 15 Pekanbaru. Tak hanya itu, SMAN 15 Pekanbaru juga menerima cinderamata dari mahasiswa PLP Universitas Riau.

Oleh : MAO/REY
Poto : Tim DEP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *