SMAN 15 Hadiri Festival Literasi Nasional di Solo

SMAN 15 Pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang aktif dalam menggiatkan literasi, Hal ini terbukti dengan antusiasnya siswa-siswa mengikuti kegiatan Gerakan SekolahMmenulis Buku , sebanyak 115 siswa terlibat aktif dalam kegiatan menulis buku ini. Puncak acara di gelar di Solo yaitu acra  Festival Literasi Nasional (FLN) 2020 pada 12 Maret 2020, di Graha Wisata Niaga Surakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB-Indonesia). SMAN 15 Pekanbaru .diwakili oleh Kepala SMAN 15 Pekanbaru, Hj. Elmi Gurita, M.Pd, Reni Yanuarni, S.Pd sebagai guru koordinator dan Elsa Nabila (siswa juara 1 menulis puisi).

Festival Literasi Nasional 2020 di Solo ini meliputi beberapa rangkaian acara, seperti seminar oleh tokoh-tokoh nasional dan pemangku kepentingan, penyerahan piagam rekor MURI, aksi simbolis penyerahan donasi buku, penganugerahan juara, peluncuran buku, dan pagelaran seni-budaya. Selain itu, FLN 2020 juga menjadi acara puncak penghargaan, launching buku, serta donasi hasil dari program terbesar GMB-Indonesia, yaitu Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB).

 “Gerakan Sekolah Menulis Buku ini sangat penting karena mengajak langsung sebuah elemen yang merupakan bagian aktif dari budaya literasi. Hasil karya dari siswa-siswi yang terlibat dalam program ini akan menjadi pemantik bagi siswa SMAN 15 yang lain dan elemen masyarakat untuk bergerak dan terlibat aktif dalam kegiatan literasi,” Jelas bu Elmi.

FLN merupakan acara rutin yang telah diadakan selama 3 tahun sejak 2016. Pada tahun keempat ini, FLN 2020  di kota Surakarta, Solo ini dihadiri oleh peserta dari seluruh Indonesia.  Festival Literasi Nasional juga menjadi acara puncak untuk memberikan apresiasi, donasi, dan edukasi bagi peserta program GMB Indonesia serta masyarakat umum. Kegiatan itu juga untuk menguatkan budaya literasi di masyarakat. (REY)
Poto : Dokumentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *