LDK Calon MPK/OSIS SMA Negeri 15 Pekanbaru

SMAN 15 PEKANBARU – Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK) yang dilaksanakan pada tanggal 30 November 2021 dan 1 Desember 2021. Latihan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan dan membentuk sikap Kepemimpinan Calon MPK / OSIS  SMA Negeri 15 Pekanbaru. LDK ini mengundang narasumber – narasumber dari STIE Riau Akbar. Dilaksanakannya LDK ini diharapkan agar calon-calon pengurus MPK/OSIS SMA Negeri 15 Pekanbaru untuk mengembangkan sikap positif , semangat , berkreatif dan kompeten dalam melaksanakan tugasnya serta memajukan SMA Negeri 15 Pekanbaru.

Pada 30 November 2021  , Narasumber yang didatangkan yaitu Bapak Bisri beserta rekannya . Bapak Bisri menjelaskan tentang Pengenalan diri , Pemecahan masalah, organisasi dan manajemen. Dalam materi mengenai pengenalan diri, beliau menyampaikan bahwa setiap orang harus mengenal diri mereka sendiri serta mengenali bakat dan minat diri sendiri.  Beliau juga menyampaikan bagaimana cara kita untuk  mengenal diri sendiri dan melihat sebuah kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita dan orang lain. Maka dari itu , Bapak Bisri memberikan sebuat latihan dimana kita dapat mengenal diri kita sendiri dengan kelebihan dan kekurangannya serta dari sudut pandang orang lain.

Pada materi pemecahan masalah , Bapak Bisri  mengatakan bahwa setiap manusia pasti mempunyai masalah , Seberat apapun masalahnya hal yang harus kita lakukan adalah menghadapinya . Beliau juga mengatakan Berlari atau mendiamkan masalah tersebut hingga berlarut larut dapat memperbesar masalah . Dengan itu beliau menyampaikan pentingnya sikap kita dalam menghadapi sebuah masalah dan cara kita menyelesaikannya.  

Pada pembahasan Organisasi . Bapak Bisri menjelaskan tentang organisasi , cara kerja organisasi, komunikasi yang baik yang dijalankan dalam organisasi dan tugas tugas serta bidang dalam organisasi . Beliau mengatakan bahwa organisasi yang baik harus dijalankan dengan komunikasi dan kerja sama yang baik.

“Di Dalam setiap organisasi perlu adanya sebuah manajemen yang baik agar organisasi itu dapat berjalan dengan lancar”,ujar Bapak Bisri . Maka dari itu dalam materi manajemen, Pak Bisri menjelaskan manajemen yang baik di dalam sebuah organisasi. 

Pada 1 Desember 2021 ,  Didatangkan juga Narasumber dari STIE Riau Akbar yaitu Bapak Muhammad Ali Aksoh beserta Bapak Bisri. Bapak Bisri membahas materi ke 5 yaitu tentang Administrasi dan kesekretariatan . Beliau menerangkan bahwa kesekretariatan dan administrasi sangat menentukan jalannya kelancaran sebuah organisasi. Organisasi yang luar biasa memiliki kesekretariatan yang baik . Bapak Bisri juga menyampaikan kepada Calon pengurus MPK / OSIS khususnya Sekretaris untuk merencanakan dan menjalankan sebaik baiknya administrasi dan kesekretariatan di dalam sebuah organisasi .

Bapak Muhammad Ali Aksoh juga  menjelaskan materi terakhir yaitu tentang Administrasi keuangan . Bapak Ali menjelaskan pentingnya Bendahara dalam mengelola keuangan Organisasi. Bendahara harus menerapkan sistem pengelolaan uang yang baik untuk menjalankan sebuah organisasi, Bapak Ali menjelaskan bagaimana cara kita mengelola uang baik dan sistem laporan keuangan yang baik serta hal hal yang berhubungan dengan keuangan.

Dengan diadakannya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) diharapkan untuk Calon pengurus MPK/OSIS SMA Negeri 15 Pekanbaru memahami dan dapat menjalankan  pembelajaran yang didapat pada latihan ini serta mengembangkan sikap yang sportif, semangat, kreatif dan kompeten dalam menjalankan tugasnya . Dan tidak lupa juga untuk mengingatkan bahwa selalu menerapkan protokol kesehatan dan jaga kesehatan. (DEP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *