Pemilihan ketua OSIS SMAN 15 Pekanbaru

SMA Negeri 15 Pekanbaru  menggelar pesta demokrasi dengan mengadakan pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019 – 2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Rabu (9/10) yang digelar di Halaman sekolah tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.Turut hadir dan memberikan suaranya adalah Kepala SMA Negeri 15 pekanbaru beserta Guru dan karyawanan. Sejumlah properti KPU seperti bilik suara dan kotak suara dipersiapkan oleh panitia Pemilu SMA Negeri 15 pekanbaru untuk proses pemilu ketua OSIS tersebut.

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan lembar suara pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Setelah menyerahkan lembar suara, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 15 Pekanbaru urusan kesiswaan, Agusmir, M.Pd mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar di SMAN 15 Pekanbaru. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu.

“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, kata Agusmir.

Setelah itu, kata Agus dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga.Selamat kepada kandidat terpilih, semoga bisa menjalankan amanah dengan baik.

Kandidat calon ketua OSIS SMA Negeri 15 Pekanbaru

Kandidat 1

Kandidat 2

Kandidat 3

Kadidat 4

Leave a Reply